Bupati Batu Bara Resmikan Unit Metrologi Legal

0
111

BATU BARA, LintasTotabuan.com – Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP meresmikan Unit Metrologi Legal Kabupaten Batu Bara, di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Perumahan Inalum Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu (10/11/2021).

Metrologi Legal ini mengacu pada Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang salah satunya mengamanahkan bahwa urusan metrologi legal yang dahulunya merupakan urusan provinsi dialihkan ke kabupaten/kota.

Turut hadir dalam peresmian ini Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan RI yang diwakili oleh Koordinator Bidang Kelembagaan dan Penilaian Kemetrologian, Heru Subroto ST, M.SE, Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara, M. Safi’i, SH, Asisten II Setdakab Batu Bara Drs. Sahala Nainggolan, MM, Kepala Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional I Medan, Anis Zukri, dan Kadis Perindag Ahmadan Chair, S.Sos, M.AP.

Acara peresmian ditandai pemakaian Tengkuluk oleh Bupati Batu Bara kepada Koordinator Bidang Kelembagaan dan Penilaian Kemetrologian Heru Subroto ST, M.SE, dan Penandatanganan prasasti serta pemberian timbangan kepada pedagang pajak ikan Tanjung Tiram.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP mengatakan 14 tahun berdiri Kabupaten Batu Bara baru tahun ini berdirinya Pelayanan Metrologi Legal di Kabupaten Batu Bara. Dengan tujuan agar masyarakat tidak dirugikan dalam hal timbangan.

“ Pemkab Batu Bara mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas arahan dan bantuan Bapak Dirjen Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga, Bapak Direktur Metrologi, Kepala BSML Regional I Medan, dan seluruh tim yang telah bersusah payah memberikan bimbingan dan arahan untuk mempercepat pendirian unit metrologi legal di Kabupaten Batu Bara, serta kepada semua pihak atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan,” ujar Bupati Zahir.

Masih dikesempatan yang sama Bupati- Zahir juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batu Bara juga terus menggenjot peningkatan sumber daya manusia tentang kemetrologian, dengan melakukan kerjasama atau MoU dan baru-baru ini kita telah menandatangani MoU dengan pusat pengembangan sumber daya kemetrologian, dimana satu orang siswa dari Kabupaten Batu Bara, lulus beasiswa Akademi Kemetrologian lewat jalur kerjasama, yang biaya kuliah gratis dan diharapkan setelah lulus, dapat mengabdikan ilmunya di Kabupaten Batu Bara serta berkontribusi mendukung program kemetrologian.

Selain itu Heru Subroto ST, M.SE, mengatakan pembangunan daerah harus diikuti dengan perindustrian dan perdagangan. Seluruh kehidupan yang kita jalani pasti ada ukurannya. Kapabilitas Metrologi Kabupaten Batu Bara akan terus di tingkatkan karena mengingat potensi Kabupaten Batu Bara sangat besar sehingga Kabupaten Batu Bara menjadi daerah yang terukur. (MA)