Wujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Bupati Batu Bara Lakukan Audiensi Dengan Menteri PPPA

JAKARTA, LintasTotabuan.com – Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP dan Ketua TP-PKK Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Zahir, melakukan audiensi dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, terkait kesiapan Desa Bandar Rahmat Kabupaten Batu Bara menjadi salah satu wilayah prioritas untuk pengembangan program desa ramah perempuan dan peduli anak, di Kantor Kementerian PPPA-RI pada hari Rabu, (16/03/2022) kemarin.

Audiensi bersama Menteri PPPA-RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE M.Si, dihadiri oleh Sekretaris Kementerian PPPA, Dr. Pribudiarta Nur Sitepu, MM, Staf Ahli Bidang Hubungan Lembaga, Rini Handayani, SE. MM, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara.

Bacaan Lainnya

Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) adalah desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan, sesuai dengan visi pembangunan Indonesia.

Dalam arahannya Menteri PPPA menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas semangat Bupati Zahir untuk menginisiasi dalam mendukung pembentukan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Bupati Batu Bara Zahir dalam paparannya menyampaikan strategi untuk mewujudkan DRPPA antara lain dengan melakukan kaderisasi, pengorganisasi dan pengembangan kapasitas perempuan dan anak di Desa. Selain itu juga melakukan penguatan tata kelola pemerintahan desa yang demokratis sebagai ruang pengintegrasian perspektif gender dan hak anak, penguatan tata kelola pembangunan desa yang berkeadilan sosial serta penguatan kerjasama desa untuk memperluas ruang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Program DRPPA akan dilakukan secara terencana dan menyeluruh, sesuai dengan visi Bupati Zahir dalam meningkatkan seluruh peran elemen masyarakat dalam pembangunan Kabupaten Batu Bara, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Batu Bara menjadi masyarakat industri yang sejahtera, mandiri dan berbudaya. (MA)

Pos terkait