Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah, Bapenda Labuhanbatu siapkan ETPD

Labuhanbatu, LintasTotabuan.com – Mewakili Bupati Labuhanbatu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Muslih memimpin rapat tindak lanjut persiapan sosialisasi pengunaan Elektronik Transaksi Pendapatan Daerah (ETPD) di Aula Bapenda, Rantau Selatan, Senin, (21/02/2022).

Rapat ini dilaksanakan Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2021 tentang ETPD (Elektronik Transaksi Pendapatan Daerah). Adapun rapat ini tindak lanjut daripada hasil pertemuan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan PT Bank Sumut beberapa lalu di Medan. PT Bank Sumut mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu terkhusus kepada Bapenda, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, maupun dinas-dinas lain yang berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Labuhanbatu.

Bacaan Lainnya

Muslih berharap nantinya Retribusi Daerah semakin meningkat dan membaik ke depannya.

“Mari sama-sama kita berdiskusi untuk persiapannya yang nantinya kita sampaikan kepada pihak PT Bank Sumut, karena rencananya untuk Launching daripada ETPD ini akan dilaksanakan di bulan Maret mendatang,” ucapnya.

Kepala Inspektorat Daerah Kab. Labuhanbatu Ahlan.T.R menyampaikan bahwa kegiatan ini erat kaitannya dengan Inspektorat, yang sejak tahun 2019 yang lalu berdasarkan Peraturan Pelaksana Pemerintah Daerah ada penambahan struktur di inspektorat khusus yang menangani investigasi pengaduan-pengaduan masyarakat, pencegahan korupsi, perbaikan tata kelola pemerintahan.
“Jadi erat kaitannya dengan tugas kami dibidang pencegahan korupsi dan perbaikan tata kelola pemerintahan,” jelas Ahlan.
Ahlan juga menyampaikan tujuan daripada ETPD ini juga untuk meminimalisir ataupun mencegah keuangan daerah yang bocor. Maka dari Inspektorat Labuhanbatu mendukung kegiatan ini.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Labuhanbatu Awaluddin Hasibuan yang turut hadir dalam rapat tersebut menyampaikan siap mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan siap memfasilitasi apa saja yang berkaitan dengan pelaksanaan ini baik dari server maupun jaringan yang kuat. Awaluddin juga menambahkan Kominfo siap berkoordinasi dengan PT.Bank Sumut step by step tentang apa yang akan dilakukan untuk pelaksanaan kegiatan ini baik itu secara teknis, sarana dan prasarana yang terkait.

Hal serupa juga disampaikan oleh Plt. Dinas Perhubungan Bonaran Tambunan dan Plt. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu Sortauli T.Manurung yang siap mendukung dan bekerjasama dalam pelaksanaan Program ETPD ini nantinya guna meningkatkan PAD yang lebih baik lagi ke depannya.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan pemaparan-pemaparan persiapan pelaksanaan ETPD tersebut yang dipaparkan oleh Bidang terkait dari Bapenda.

Turut Hadir pada rapat tersebut, Kepala Inspektorat Daerah, Plt. Kepala Diskominfo, Plt. Dinas Perhubungan, Plt. Dinas Lingkungan Hidup, Kepala-kepala Bidang Bapenda, Perwakilan dari PT.Bank Sumut cabang Rantauprapat, dan peserta rapat lainnya.(Uban)

Pos terkait