Sahabat Bunda Maya Sosialisasikan Ivates Bersama Dewan Kesenian Labuhanbatu

Labuhanbatu, LintasTotabuan.com -Organisasi Sahabat Bunda Maya (SBM) dibawah pimpinan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr.Maya Hasmita bekerjasama dengan Dewan Kesenian Labuhanbatu, mensosialisasikan tentang pentingnya Iva Test kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Gelugur Rantauprapat, Minggu (16/01/2022).

Adapun tujuan sosialisasi tersebut, supaya Para Pedagang dan Pengunjung di Pasar Gelugur Rantauprapat dapat memahami, pentingnya melakukan Iva Tes bagi wanita yang telah menikah. Agar terbebas dari Kanker Serviks pada mulut rahim.

Bacaan Lainnya

“Tujuan sosialisasi ini, untuk mengedukasi serta mengajak pedagang dan pengunjung di pasar Gelugur, agar mengikuti Iva Tes yang merupakan program dari PKK Kabupaten Labuhanbatu,”Ungkap Ketua SBM Erni Zulita.

Selain menggelar sosialisasi, Organisasi SBM juga berencana, mengajak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama Dinas Kesehatan Labuhanbatu, untuk menjadwalkan Pelaksanaan Iva Test bagi Para Pedagang dan Pengunjung di Pasar Gelugur Rantauprapat.

“Kegiatannya juga nantinya dilakukan di dalam Pasar Gelugur. Agar, Pedagang dan pengunjung bisa mengikuti Iva Tes ini. Dan jadwalnya masih kita koordinasikan dengan instansi terkait,”Ujar ketua SBM.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Ramadhansyah Chandra Situmorang mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Organisasi Sahabat Bunda Maya. Ia juga berencana, pada setiap kegiatan yang akan dilakukan Dewan Kesenian Labuhanbatu, Kegiatan Iva Test akan dihadirkan dengan melibatkan Organisasi Sahabat Bunda Maya.

Perlu bersama kita ketahui, Iva Tes adalah Inspeksi visual dengan asam asetat. Iva Test merupakan salah satu pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk memastikan kanker serviks pada seseorang.

Iva Test merupakan salah satu Program dari PKK Kabupaten Labuhanbatu yang dipimpin dr.Hj.Maya Hasmita Sp.O.G, M.KM. Program tersebut menjadi prioritas di kesatuan tersebut, karena istri Bupati Labuhanbatu ini menginginkan Perempuan di Labuhanbatu yang sudah pernah menikah, bisa bebas dari Bahaya Kanker Serviks.

Untuk mewujudkan hal itu, Ia meminta kepada seluruh organisasi Wanita yang ada di Labuhanbatu untuk bergandeng tangan , bersama mensosialisasikan Program Iva Test ini. Dimana, untuk mengikuti Iva Test ini, cukup hanya membawa Foto Copy KTP atau KK ke Puskesmas terdekat. Pemeriksaan Iva Test ini tanpa dipungut biaya atau Gratis.

Jika, ditemukan perempuan yang terdeteksi terkena Kanker Servik, maka akan dilakukan penanganan lebih lanjut. Bahkan, identitas pasien akan dijamin kerahasiaannya.(Uban)

Pos terkait