Meminimalisir Kebakaran Rumah Akibat Korsleting Listrik, Bupati Batu Bara Akan Panggil Pihak PLN

BATU BARA, LintasTotabuan.com – Musibah kebakaran rumah akibat korsleting listrik kembali terjadi di Kabupaten Batu Bara, tepatnya di Desa Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, pada Jumat (11/02/2022). Kebakaran tersebut menghanguskan satu unit ruko yang dijadikan showroom sepeda motor. Sementara seminggu sebelumnya terjadi pula kebakaran yang menghanguskan 9 rumah di Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Tiram.

Mendengar kabar tersebut, Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, bersama Kepala Dinas Sosial, Riyadi, Kabag Kesra Adenan Haris, Camat Sei Balai, Wali Wala, dan Kepala Desa Sei Balai, Elvis Afyanto, mengunjungi korban kebakaran, Anto Syahputra dan keluarga. Sabtu (12/02/2022)

Bacaan Lainnya

Dari keterangan korban, api diduga berasal dari korsleting listrik, sehingga menimbulkan percikan api. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, dan diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Percikan api tersebut menyambar bensin yang ada pada sepeda motor. Karena banyaknya sepeda motor yang ada di dalam ruko, membuat api cepat merambat dan membakar hampir semua isi ruko,” ujar Anto Syahputra, pemilik ruko yang terbakar.

Melihat banyaknya kasus kebakaran akibat korsleting listrik, Bupati Zahir akan mengundang pihak PLN untuk melakukan investigasi terkait keamanan instalasi listrik yang ada di Kabupaten Batu Bara. Bupati Zahir juga mengimbau kepada PLN, untuk menerapkan standar instalasi yang baik.

Bupati juga memberikan bantuan berupa sembako kepada korban dan meminta dinas terkait untuk membantu mengurus surat-surat penting korban yang terbakar habis.

“Untuk surat-surat dan sertifikat yang habis terbakar, akan didata dan dibantu dalam pembuatannya melalui dinas terkait,” ujar Bupati Zahir.

Bupati Zahir bersama semua instansi yang hadir, turut mengucapkan keprihatinan yang mendalam pada keluarga korban. Diharapkan kejadian-kejadian seperti ini bisa diminimalisir, dengan ditingkatkannya keamanan pada instalasi listrik di rumah-rumah warga. (MA)

Pos terkait