Ketua TP PKK Batu Bara Berikan Edukasi Bahaya Stunting

BATU BARA, LintasTotabuan.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, hadir secara langsung memberikan edukasi pra nikah pada calon pengantin, di KUA Lima Puluh, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Rabu (23/02/2022) kemarin.

Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Stunting Kabupaten Batu Bara, Fadly, Kepala KUA Lima Puluh, Para Pengurus PKK Kabupaten Batu Bara, dan Para Calon Pengantin.

Bacaan Lainnya

Edukasi pra nikah bertujuan untuk berbagi ilmu pada para calon pengantin mengenai stunting dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Di Kabupaten Batu Bara, saat ini angka stunting mencapai 23%.

Stunting adalah kekurangan gizi kronis, yang menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang bagi anak.

Ny. Maya Zahir memberikan edukasi pada para calon pengantin mengenai bahaya stunting, agar bisa mengetahui tahapan-tahapan kehamilan serta bagaimana prosedur penanganan kehamilan yang baik dan benar.

Ia juga menambahkan, Isu stunting di Indonesia menjadi sorotan pemerintah. Sehingga Pemkab Batu Bara berupaya mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Batu Bara dengan mengedukasi para calon pengantin yang akan menikah.

“Sebenarnya untuk cegah stunting ini bisa dimulai dari remaja dengan mengonsumsi tablet tambah darah, karena setiap bulannya wanita mengalami menstruasi. Ini merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan kehamilan, agar calon ibu tetap sehat saat melahirkan dan menyusui. Selain itu juga Ibu hamil harus menjaga nutrisi yang diterima tubuh.” ungkap Ny.Maya.

Selanjutnya Koordinator Stunting Kabupaten Batu Bara mengatakan, stunting merupakan program Nasional dan Dunia. Indonesia termasuk ke dalam 4 besar negara yang angka stuntingnya cukup tinggi. Untuk itulah Ny. Maya Zahir sangat konsen dalam penanganan stunting, salah satunya dengan mengadakan program edukasi kepada para calon pengantin.

Mewujudkan generasi sehat dan berkualitas, Ny. Maya Zahir juga mengukuhkan para Duta Tablet Tambah Darah untuk siswi-siswi SLTA di Kabupaten Batu Bara. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi pada para calon pengantin.

Program edukasi untuk para calon pengantin, merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam menargetkan zero stunting di Kabupaten Batu Bara. Ini merupakan misi Bupati Batu Bara Zahir, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, dan spiritual masyarakat. (MA)

Pos terkait