Kadisdik Ilyas : Tes Urin Ini Bukan Mencari-cari Kesalahan, Melainkan Deteksi Dini Pembinaan ASN Guru

0
37

Batu Bara, LintasTotabuan.com – Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP., memberikan dukungan kepada Disdik yang terus melakukan deteksi dini terhadap penyalahgunaan obat terlarang dan narkotika kepada tenaga pendidik (guru) di Kabupaten Batu Bara, dan berharap tahun depan dapat diteruskan bukan hanya kepada guru-guru dan Tata Usaha serta penjaga sekolah dan juga kepada pelajar sehingga Batu Bara terus melakukan penguatan terhadap Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi P4GN.

Hal tersebut dikatakan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus kepada awak media usai pelaksanaan Tes Urine di Lapangan UPTD SMPN 1 Lima Puluh, Jum’at (03/12/2021)

Menurut Ilyas, Harapan Bupati kita akan tindaklanjuti, dan ini adalah hal yang sangat positif karena kalau membicarakan pendidikan yang berkarakter harus dimulai dari tenaga pendidik (guru) dulu,” kata Mantan Karo Humas Pemprovsu.

Ilyas juga menekankan bahwa  pelaksanaan tes urine ini adalah salah satu strategi pencegahan atau deteksi dini dan bukanlah mencari kelemahan kawan-kawan guru-guru kita apalagi kesalahannya, “Sekali lagi saya pastikan, bukan mencari kelemahan maupun kesalahan, kita hanya ingin memberikan bantuan atau deteksi dini kepada kawan-kawan guru di Kabupaten Batu Bara”. Dan ini akan terus kita lakukan. Insyah Allah di tahun 2022 tidak hanya tenaga pendidik (guru) tetapi juga tenaga kependidikan (TU, Penjaga Sekolah) dan siswa-siswi pun akan kita lakukan secara sampel untuk mengikuti tes urine atau deteksi dini sebagaimana harapan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M. AP., sebut Ilyas.

Ilyas bersyukur bahwa semua kegiatan berjalan dengan baik berkat kerjasama semua pihak.  Terimakasih  kepada Ka. UPTD SMPN  2 Medang Deras, Frans Rajagukguk, Ka. SMPN 1 Dt. Lima Puluh, Tobok Situmorang dan Ka. SMPN 1 Lima Puluh, Ponyem karena telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga berjalan lancar dan baik dengan tetap menjaga protokol kesehatan, ucap ncekli safaan akrab Ilyas.

Ditempat yang sama Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batu Bara AKBP Zainuddin SAg, SH, MH mengatakan, kegiatan ini sesungguhnya dalam Upaya untuk meminimalisir penanggulangan narkoba, BNN tidak hanya menggunakan pendekatan demand reduction melalui rehabilitasi, pencegahan, dan pemberdayaan masyarakat, tetapi juga menggunakan pendekatan yaitu supply reduction, dengan sasaran bandar dan pengedar.

Lebih lanjut Zainuddin mengatakan kegiatan ini  dalam rangka penguatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN),  sebagaimana diatur dalam Inpres No 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN.

Jika nanti ada di temukan tenaga pendidik yang positif mengkonsumsi narkoba, kami sudah ada kesepahaman dengan Disdik Batu Bara bahwa tidak akan dibawa keranah hukum, kami akan lakukan asesmen dan pembinaan bersama, Terang Zainuddin.

Alhamdulillah dari 421 tendik yang telah dilakukan tes urine ada 3 (tiga) orang dinyatakan positif, tapi setelah kami lakukan  Asesmen mereka menggunakan Denso. Denso ini adalah jenis obat-obatan tetapi tidak termasuk dalam jenis narkotika, Papar Ka. BNNK Zainuddin kepada awak media.

Sementara itu K3S Kecamatan Nibung Hangus Muhammad Syukur mengatakan, kita sungguh positif menanggapi kegiatan ini, karena betapa bahayanya narkoba, terlebih-lebih untuk generasi penerus betapa hancurnya mereka seperti apa yang kita lihat sekarang ini.

“ Kalau sempat mereka terindikasi penyalahgunaan narkoba atau memakai obat terlarang, betapa hancurnya masa depan anak didik kita  di Batu Bara ini,” ungkap K3S Nibung Hangus, Muhammad Syukur.

Sementara Harapan yang sama datang dari Ketua K3S Limapuluh Rilan Kastoyo, mendukung niat baik Bupati, Pak Zahir dan Kadisdik Pak Ilyas kedepannya, kegiatan tes urine bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta pelajar kita terwujud walaupun berupa sampel, sehingga  penyalahgunaan pemakaian obat dan narkotika benar-benar bisa bersih di lingkungan pendidikan di Kabupaten Batu Bara terkhususnya lagi di kalangan generasi muda calon penerus kita, harap Rilan Ketua K3S Lima Puluh.

Hadir dalam kegiatan tersebut selain Kadiadik Ilyas Sitorus, Ka. BNNK Batu Bara Zainudin, Sekdis Darwinson Tumanggor, Ketua MKKS SMP Surya Dharma, K3S se Kab Batu Bara, dan perwakilan Ka. UPTD SMP seperti Ka. SMPN 1 Limapuluh Poniyem, Ka. SMPN 1 Dt. Limapuluh Tobok Situmorang, Ka. SMPN 2 Medan Deras Frans Rajagukguk, Tim BNNK, Pejabat Bidang persekolah Disdik Hasbullah, dan pejabat disdik lainnya serta awak media cetak dan elektronik. (MA)