Kadisdik, Ilyas Sitorus, Media Massa Sebagai Komunikasi Antara Pemerintah dan Masyarakat

BATU BARA, LintasTotabuan.com – Tampil sebagai salah satu Narasumber, Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus bersama Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes berharap agar wartawan/awak media dapat menyampaikan informasi lengkap tentang sesuatu sehingga media dapat sebagai jembatan penyeimbang antara pemerintah dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kadisdik saat mengisi acara sebagai Narasumber di acara Coffe morning dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H dengan tema “Awak media menerima kritikan dan masukan dari OPD dan Kapolres dalam peliputan dan penyajian berita” bertempat di D’Container Coffe di Taman Kota Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, Kamis (31/3/2022).

Bacaan Lainnya

Ncekli safaan akrab Kadisdik Batu Bara ini, juga mengajak semua awak media khususnya yang ada di Batu Bara dan umumnya yang selalu ikut membantu menyampaikan informasi pendidikan dari Batu Bara untuk terus mengutamakan fungsi media. Secara umum fungsi media adalah sebagai alat perantara atau pengantar yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan. Dengan perkataan lain segala bentuk saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan maupun kritik, paparnya.

Mantan Karo Humas Keprotokolan Pemprovsu ini juga mengatakan bahwa fungsi media massa bisa sebagai pembentuk opini publik, menjadi media komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, menjalankan fungsi pengawasan, hingga melakukan misi sosialisasi untuk edukasi masyarakat.

” Jadi jangan lebih tinggi fungsi pengawasannya, jadi nanti kami ama pak Kapolres gak maju-maju kerjanya karena terus menjawab dan menerangkan atas konfirmasi yang disampaikan,” ujarnya sambil dibarengi tawa khas Kadis yang selalu akrab dengan awak media ini.

Ilyas juga berharap atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Batu Bara di bawah kepemimpinan Bupati Batu Bara Bapak Ir. H. Zahir. M. AP., semua media yang ada di Batu Bara ikut mengawal pembangunan dengan memberikan sumbang saran bersifat membangun untuk Batu Bara BISA. Perjalanan masih panjang, satu periode dipastikan rencana pembangunan perkantoran Pemkab Batu Bara ini tidak akan selesai, maka mari kita semua beri kontribusi positif sehingga Pak Zahir dapat mewujudkan mimpi dan cita citanya bersama OPD membangun Batu Bara. kita sudah punya pertapakan kantor yang menjadi kebanggaan kita masyarakat Batu Bara kelak, yang saat ini dalam pematangan lahannya. mari kita do’akan Bupati Kita Pak Zahir sehat selalu, aamiin, terang Ilyas.

Pada penghujung paparan Kadisdik menyampaikan kritikan lagi sesuai harapan panitia penyelenggara, Ilyas mengharapkan agar keberadaan kantor sekretariat setiap media dan organisasi profesi kita tempatnya harus jelas ke depan. ” Ngak lagi tukar ketua tukar alamat kita. Lalu cari wife yang free misalnya wife kantor kita, kemudian yang jadi objek pemberitaan kita pulak itu. Kena berapa kali kita itu pak Kapolres, diiringi tamu yang hadir. “Pastikan sekretariat Wappress, saya yakin Wappress banyak sahabat, do’a pun diberi sudah salah satu bentuk dukungan, kelakar Ilyas disambut tepuk tangan dari awak media yang hadir.

Ilyas memang terkenal senang bergurau dan kocak sampai kadang kita tidak sadar cerita ncekli ke kita arahnya ujar salah sorang awak media. Harapan Kadisdik, mudah mudahan Komunitas Wappress yang telah besar dan turut serta dalam memberikan sumbang saran dan kontribusi melalui penyajian pemberitaan selama ini terus terjalin baik dan terus menjadi penyeimbang dalam penyajian pemberitaan dalam pembangunan di Kabupaten Batu Bara.

Sebelumnya Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes didampingi Kasi Humas Iptu Ahmad Fahmi  mengungkapkan dirinya ingin  mempromosikan jajarannya  pada setiap kegiatan yang mereka lakukan. Pernyataan tersebut diungkapkan Kapolres menanggapi pertanyaan wartawan terkait lebih seringnya muncul anggota Polres Batu Bara dibanding Kapolres dalam pemberitaan maupun press release. “Tak usahlah saya dipublikasikan. Biarlah jajaran saya yang berprestasi mendapat publikasi atas prestasi yang diraihnya”, ucap Kapolres.

Kapolres mencontohkan, pada pengungkapan kasus kriminal yang dilakukan Sat Reskrim, dirinya menginginkan Kasat Reskrim yang tampil pada press release. ” Itu prestasinya, jadi biarlah Kasat Reskrim dan anggota yang mendapat publikasi”, jelas Kapolres.

Pada kegiatan tersebut, Kapolres menyampaikan masukan-masukan kepada wartawan yang hadir khususnya dalam peliputan dan pemberitaan.

Harapan Kapolres,  kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan karena dapat meningkatkan silaturahmi dan komunikasi.

“Kalau ada yang mau dikonfirmasi silahkan menghubungi Kasat. Bukan saya menghindar tapi saya ingin menampilkan anggota saya agar mereka lebih giat dan berprestasi”, pinta Kapolres.

“Kita minta kerjasama rekan rekan wartawan, tetap kita jalin komunikasi yang intens. Terimakasih atas undangannya”, pungkas Kapolres.

Kegiatan digagas media online KlikToday.com dan partner Komunitas Warung Appresiasi Press (Wappress) terbilang unik. Melalui Ucok Kodam selaku moderator kepada OPD dan Kapolres diminta berikan kritik dan masukan kepada awak media terkait peliputan dan penyajian berita.

“Biasanya wartawan itu menyampaikan kritik tapi kali ini kami minta OPD dan Kapolres yang mengkritik kinerja wartawan demi peningkatan kemampuan wartawan”, ujar Ucok Kodam. (MA)

Pos terkait