Harapkan Sektor Ekonomi Makro Menguat, Bupati Zahir Hadiri Pra Musrenbang Prov Sumut

BATU BARA, LintasTotabuan.com -Sebagai langkah awal dalam perumusan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, menghadiri Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Utara, yang diselenggarakan di Ball Room Inalum, Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Selasa (01/03/2022).

Kegiatan ini dihadiri seluruh Kepala Daerah dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) wilayah pantai timur Provinsi Sumatera Utara.

Bacaan Lainnya

Penyelenggaraan Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, merupakan rangka menyusun rencana pembangunan daerah bagi Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara. Forum ini harapannya dapat menjadi wadah untuk membahas rancangan dan rencana, yang kemudian dapat dikembangkan menjadi suatu program prioritas dan kegiatan strategis daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Kolaborasi antara perencanaan pembangunan daerah Kabupaten/Kota dengan perencanaan pembangunan daerah provinsi, merupakan modal awal untuk menyelaraskan pembangunan secara berkesinambungan.

Bupati Zahir mengapresiasi dan bangga kepada Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, yang telah mengubah pola Pra Musrenbang. Bupati Zahir juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Batu Bara, untuk menjadi tempat penyelenggaraan Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023.

“Harapan saya, Bapak Gubernur Sumatera Utara duduk bersama dengan Bupati, Walikota dan Kepala Bappeda untuk mendiskusikan hasil dari Pra Musrenbang. Dengan membawa usulan-usulan pembangunan serta inovasi-inovasi yang baik serta strategis untuk kedepannya”, terang Bupati Zahir.

Peningkatan daya saing sektor agraris tahun 2022 di Kabupaten Batu Bara, mencapai Nilai Tukar Petani (NTP) sebesar 111,41 poin, dan peningkatan produksi daging kambing/domba sebesar 1.518,06 Ton, untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi dan ekspor. Kemudian dalam rangka pemenuhan konsumsi, peningkatan produksi daging sapi menjadi sebesar 16.650,24 Ton.

Selanjutnya, untuk peningkatan infrastruktur berwawasan lingkungan tahun 2022-2023, terdapat penanganan di beberapa ruas jalan, yaitu ruas Jalan Simpang Tanjung Kasau-Banda Masilam (Batas Kabupaten Simalungun) sepanjang 1,80 Km, ruas Jalan Bandar Khalifah – Desa Lalang (Batas Kabupaten Serdang Bedagai), sepanjang 4.80 Km, dan ruas Jalan Simpang Sono – Simpang Empat Timbangan Tanjung Tiram sepanjang 5,40 Km.

Melalui pembangunan tersebut diharapkan ada perubahan dalam sektor ekonomi makro, sehingga strategi Bupati Zahir untuk mewujudkan misinya dalam meningkatkan jumlah dan kualitas Infrastruktur dan sarana prasarana pendukung pertumbuhan industri dan perekonomian masyarakat Kabupaten Batu Bara dapat terwujud. (MA)

Pos terkait