Hadapi Ancaman Omicron, Kader PKK Labuhanbatu Terima Pembekalan

Labuhanbatu, LintasTotabuan.com -Menindaklanjuti surat dari Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayan dan Kesejahteraan Keluarga Pusat, Sebanyak 50 kader Kabupaten Labuhanbatu menerima pembekalan via daring yang diselenggarakan oleh PKK Pusat dan Satgas Covid-19 Nasional di Aula Kantor PKK Jalan WR. Supratman, Padang Matinggi, Rantau Utara, Selasa (8/2/2022).

Kegiatan ini dalam rangka mendukung pencegahan Covid-19 serta mendorong percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk mewujudkan Herd Immunity Masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Pasal 7 ayat (2) huruf c bahwa kelompok kerja IV sebagai pengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Bacaan Lainnya

Resmi membuka pembekalan tersebut, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan erjuangan kita menghadapi covid 19 belum berakhir dan Peran kader pkk dalam mendorong perubahan perulaku masyarakat sangat diperlukan.

Keluarga sebagai kelompok paling kecil, ayah dan ibu harus bisa memberikan contoh perilaku protokol kesehatan. Penting bagi keluarga menjaga kesehatan mental keluarga, sebagai bentuk upaya menjaga imunitas tubuh, dan merupakan tugas PKK untuk membantu mendorong hal tersebut,” ucap Suharyanto.

Mengahiri sambutannya, Suharyanto mengucapkan selamat mengikuti pembekalan kepada seluruh kader PKK yang mengikuti pembekalan via daring tersebut.

Adapun materi yang diberikan adalah “Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggapa dan Tangguh Bencana Dalam Rangka Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Masa Pandemi Covid-19”, “Peningkatan Protokol Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19”, “Penggunaan Aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 (BLC)”, dan “Mendorong Percepatan Capaian Vaksinasi Covid-19”
Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Safriati Safrizal mengatakan pembekalan ini diharapkan dapat menjadikan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 Sebagai Duta Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Dengan Pembekalan Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 diharapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” jelas Safriati.

Safriati berharap kegiatan ini juga dapat mendorong percepatan capaian Vaksinasi dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya Vaksinasi Covid-19. Kader PKK Pro Sehat kendali Covid-19 tetap melaksanakan tugas sampai dengan Covid-19 dinyatakan berakhir oleh pemerintah dan selanjutnya tetap menjadi Duta Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masing-masing.(Uban)

Pos terkait