Dinkes Labuhanbatu Meriahkan Hari Gizi Nasional Dengan Perlombaan Anak Sehat

Labuhanbatu, LintasTotabuan.com -Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 26 Januari setiap tahunya menjadi momen meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya gizi bagi anak-anak di usia dini dan upaya perbaikan gizi masyarakat.

Hari Gizi Nasional ke -62 dilabuhanbatu dijadikan inovasi dan modifikasi dengan melakukan segala bentuk kegiatan promosi kesehatan sebagai salah satu usaha pencegahan peningkatan status gizi.

Bacaan Lainnya

Jum’at 18/3/2022 bertempat di gedung PKK. Kabupaten Labuhanbatu jalan Wr.Supratman Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara, Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu merangkai perayaan Hari Gizi Nasional dengan perlombaan bayi sehat tingkat Puskesmas Se-kabupaten Labuhanbatu.

Perlombaan bayi sehat tersebut diikuti 15 balita dari 15 Puskesmas yang ada dilabuhanbatu dengan batasan usia 6-24 bulan, penilaian peserta dilakukan dengan tekhnik wawancara kepada anak balita dan orang tua jumlah penilaian tertinggi nya 120 poin.

Dari hasil penilaian keluar sebagai juara pertama nomor urut 01 atas nama Wahyu Al-Kahfi Nasution balita berusia 7 bulan dari Puskesmas Janji dengan berat badan 10,2 tinggi badan 72 Cm, juara ke dua nomor urut 12 atas nama Muhammad Arsyaki usia 8 bulan asal Puskesmas Perlayuan dengan berat badan 7,6 Kg tinggi badan 72 Cm, dan juara ke tiga jatuh kepada nomor urut tiga atas nama M.Alfahri Nasution usia 7 bulan asal Puskesmas Kota Rantauprapat berat badan 8,3 Kg dan tinggi badan 75 CM.

Hadiah penghargaan juga diberikan kepada sembilan balita yang tidak memperoleh juara, dan hadiah serupa juga diberikan kepada tiga juara harapan.

Hadiah berupa trophy dan yali asih diterima para pemenang yang diserahkan langsung oleh Bupati Labuhanbatu dr, H, Erik Adtrada Ritonga, MKM, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rossa Siregar, Mpd, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr.Hj.Maya Hasmita S.POG dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu H.Kamal Ilham, SKM, MM.

Usai menyerahkan hadiah, Bupati memberikan doa kepada seluruh balita dilabuhanbatu, ” semoga generasi penerus Labuhanbatu ini dalam keadaan sehat selalu” ucap Bupati.

Hal yang sama juga di pesankan oleh ketua TP.PKK Labuhanbatu dr.Hj Maya Hasmita, S.POG kepada para orang tua balita, ” saya titipkan kesehatan mereka kepada ibu, jagalah kesehatan dan gizi mereka para generasi penerus Labuhanbatu ini, bawa segera mereka ke fasket terdekat jika terjadi sesuatu” . Ucapnya.

Hadir juga dilokasi tersebut Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Friska Simanjuntak, SKM, MKM, para kader PKK, Kapus SE Kabupaten Labuhanbatu dan para orang tua peserta lomba.(Uban)

Pos terkait