Bupati Zahir Deklarasikan Pengurus JPN Batu Bara

0
55

BATU BARA, LintasTotabuan.com – Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP Deklarasikan Pengurus Jaringan Petani Nasional (JPN) Komisariat Daerah Kabupaten Batu Bara di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Tanjung Gading, Kecamatan Seisuka, Jum’at (14/01/2022).

JPN ini merupakan platform jejaring komunikasi online dalam skala Nasional yang digagas Kementerian Pertanian sebagai wadah komunikasi antara petani, penghasil teknologi, penyuluh maupun pengambil kebijakan, untuk meningkatkan keterjangkauan informasi dan koordinasi demi terwujudnya ketahanan pangan dan kesejahteraan petani Indonesia.

Pengurus JPN sebanyak 6 orang yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan 3 koordinator Wilayah, Koordinator Wilayah satu mencakup wilayah kerja Kecamatan Laut Tador, Kecamatan Sei Suka, Kecamatan Medang Deras dan Kecamatan Air Putih. Koordinator Wilayah dua mencakup wilayah kerja Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kecamatan Lima Puluh Pesisir dan Kecamatan Talawi, sedangkan Koordinator Wilayah tiga mencakup wilayah kerja Kecamatan Tanjung Tiram, Kecamatan Sei Balai, Kecamatan Datuk Tanah Datar dan Kecamatan Nibung Hangus.

Bupati Zahir mengatakan bahwa jaringan Petani Nasional ini bertujuan untuk membangun wadah agar terjadi interaksi yang lebih baik dan juga menjadi mata, telinga dan mulut petani, sehingga permasalahan dan kebutuhan petani yang ditemukan di lapangan dapat disampaikan ke Pemerintah agar Pemerintah dapat mengambil kesimpulan dan menyusun program-program untuk kedepannya, sehingga para petani semakin sejahtera.

Di akhir kegiatan Bupati Zahir memberikan cenderamata kepada Kepala Loka PKPBL Dr. Ir. Fera Mahmilia, MP. berupa plakat dan kain songket yang merupakan kain tenun khas Kabupaten Batu Bara.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs.Sahala Nainggolan, MM Kepala Loka Penelitian Kambing Potong Badan Litbang Kementerian Pertanian Dr. Ir. Fera Mahmilia, M, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara Muhammad Ridwan, SP, M.Agric, Sc. (MA)