Asisten I :  Pilar utama Dalam Menolong Orang Adalah Keihklasan

0
13

Labuhanbatu, LintasTotabuan.com – Pilar utama dalam menolong orang adalah keikhlasan, kalau sudah ikhlas sesorang akan mudah masuk membantu segala kegiatan. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Setdakab Labuhanbatu Drs. Sarimpunan Ritonga, M.Pd, saat mewakili Bupati Labuhanbatu membuka Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia, di Aula Kodim 0209 Labuhanbatu, Senin (15/11/2021).

“Modal utama masuk PMI ini cuma satu, ikhlas, kalau sudah ikhlas disiplin, kalau sudah ikhlas menolong, Allah akan memudahkan segala usaha kita dalam menolong orang,”ucap Sarimpunan.

Sarimpunan mengatakan bahwa dalam diklatsar ini, peserta akan ditempa secara knowledge, skill, dan adab nya.

“Adik-adik akan dilatih, bukan hanya fisik, tapi juga psikis, karena untuk menolong orang, harus dipastikan kalau kita mampu dan memiliki kemampuan untuk menolong,” jelas Sarimpunan.

Menutup sambutannya, Sarimpunan mengucapkan selamat mengikuti pelatihan kepada 40 orang peserta yang terdiri dari 28 putri dan 12 putra.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua PMI Labuhanbatu Mora Tahan Setiadi mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin atas kedatangan dan dukungannya. Mora mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas PMI Labuhanbatu, dalam rangka membantu sedikit tugas Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

“Kami sebagi manusia, tidak hanya berpangku kepada pemerintah, kami hadir sebagai relawan untuk membantu sekecil apa pun,” kata Mora.

Senada dengan Asisten I, Mora mengatakan bahwa dalam memberikan bantuan, relawan harus dibekali ilmu dan teknik, dan pelatihan ini berguna untuk memberikan pengetahuan.

“Kepada adek adek, ikuti apa yang disampaikan oleh instruktur. Pesan saya, pertama mantapkan niat itu, anda sudah dipilih menjadi sukarelawan. Kedua, semangat dalam memberikan bantuan. Masuk PMI, jika niat mantap memberikan bantuan, akan selalu dibantu Allah,” tutup Mora.

Hendra Pandapotan , Ketua Bidang Relawan dan Anggota PMI Labuhanbatu mengatakan pelatihan ini akan berlangsung selama 7 hari, dari tanggal 15 sampai dengan 21 November 2021 di Kodim 0209 Labuhanbatu. Selama pelatihan, peserta akan menerima pendidikan dan pelatihan di kelas dan di lapangan dari pelatih yang berasal dari PMI dan TNI.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua DPRD Abdul Karim Hasibuan, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Perwakilan Kodim 0209, Perwakilan Kapolres, perwakilan PMI Sumut, dan tamu undangan lainnya..(Uban)