Buka Pensi SLB, Bupati Zahir Harapkan Guru Penggerak Sebagai Agen Perubahan dan Pemimpin Pendidikan

BATU BARA, LintasTotabuan.com – Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid demi mendorong terciptanya generasi penerus yang memiliki kompetensi literasi, numerasi, serta karakter, merupakan hal yang diharapkan dari Guru Penggerak sebagai agen perubahan dan pemimpin pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., yang diwakili oleh Wakil Bupati Oky Iqbal Frima, S.E., didampingi Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus, saat membuka Gebyar Pensi dan Bazar Projek Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan I di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Batu Bata di Desa Suka Raja, Kecamatan Air Putih, Kamis (28/07/2022).

Bacaan Lainnya

Pentas seni dengan tema “Jangan Pandang Seberapa Kekuranganku, Tetapi Galilah Yang Ada Pada Diriku” menampilkan kemampuan anak-anak hebat dari sejumlah SLB di Sumatera Utara di antaranya tarian daerah seperti tari persembahan, tortor, tarian profil pancasila, pantomim, solo vokal, grup vokal, gondang sembilan, paduan suara, fashionshow dan lainnya.

Dalam acara itu Wabup Oky berpesan agar para guru terus meningkatkan keramahan dan keikhlasan guru terhadap anak didik dan mendidik karakter anak sejak dini. Oky mengaku bangga atas kemampuan dan kecerdasan anak didik di pentas seni ini.

ā€œSaya yakin bapak dan ibu guru hebat akan mampu memberikan yang terbaik bagi anak didik kita di sekolah ini. Tadi sudah sama kita lihat penampilan seni dan kreasi anak didik kita. Ini tidak lepas atas sentuhan ikhlas guru-guru hebat, begitupun siswa siswi SLB yang hebat juga,ā€ ujar Oky.

Sementara itu Kepala SLB Negeri Batu Bara Siti Maryam, mengatakan bahwa pentas seni ini merupakan perwujudan menuju Profil Pelajar Pancasila. Melalui pentas seni ini tergambar bagaimana kreatifitas siswa, cara bekerjasama atau bergotong royong siswa, nalar kritis dan mandiri serta beriman, bertakwa kepada Tuhan serta berakhlak mulia dan juga mampu menghormati perbedaan.

Kadisidik Ilyas Sitorus mengatakan bahwa Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara menyeluruh dengan wujud Profil Pelajar Pancasila, yang mencakup kompetensi dan kararter yang diawali dengan Sumber Daya Manusia yang unggul mulai kepala sekolah dan guru termasuk juga komite sekolah.

Masih menurut Kadisdik bahwa siswa juga akan mendapatkan pembelajaran dengan paradigma baru di sekolah. PSP akan menemukan proses pembelajaran yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan antara pendampingan, penguatan, pembelajaran dan perenacanaan serta digitalisasi sekolah.

Selain Wabup Oky dan Kadisdik Ilyas Sitorus, hadir dalam acara pentas seni yaitu BPMP Sumatera Utara Azizah Siregar dan tim, sejumlah Kepala SLB di Sumatera Utara serta tamu undangan dari SLB Asahan, Siborong-Borong Taput, Medan dan Orangtua Siswa. (****)

Pos terkait