Komisaris Utama INALUM Doni Monardo Gencarkan Kolaborasi Penghijauan Kawasan Danau Toba

Samosir, LintasTotabuan.com – Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Doni Monardo melakukan kunjungan kerja ke Kebun Raya Samosir dalam rangka mengakselerasi penghijauan Kawasan Danau Toba. Kunjungan tersebut merupakan komitmen Inalum sebagai perusahaan untuk menjaga ekosistem kawasan Danau Toba yang menjadi jantung perusahaan. Rabu (12/01/2022)

Doni Monardo menyebut bahwa penghijauan Kawasan Danau Toba akan memberikan keuntungan tidak hanya dari sisi ekologis tetapi juga dari sisi ekonomis mengingat banyaknya lapisan masyarakat yang bergantung pada danau terbesar di Indonesia ini. Menurutnya, kunci dalam menjaga dan menyelamatkan Kawasan Danau Toba adalah melalui kolaborasi berbagai pihak.

Bacaan Lainnya

“Kunci penyelamatan Kawasan Danau Toba sebagai 15 kawasan wisata super prioritas melalui kolaborasi semua pihak dan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya yang lebih maksimal, reforestrasi hutan dengan tumbuhan yang punya fungsi ekologis dan ekonomis. Berharap Inalum berperan lebih dalam penyelamatan Danau Toba sebagai sumber utama operasional pembangkit listrik,” ujar Doni.

Kunjungan Komut Inalum didampingi oleh Kepala Departemen Administrasi PLTA PT Inalum (Persero) Ari Bowo Soekotjo bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir. Kunjungan sendiri diawali dengan mengunjungi lokasi pembibitan tanaman di daerah Aek Natonang Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Selanjutnya dilakukan pertemuan dengan agenda diskusi bersama para pemimpin daerah dalam program penghijauan yang ada di daerah tangkapan air Danau Toba yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara. Hadir dalam rapat tersebut 7 (tujuh) Kepala Daerah Kabupaten di Kawasan Danau Toba yakni Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba, Simalungun, Samosir, Karo, Dairi, Dandim dan Kapolres seluruh Kawasan Danau Toba serta pimpinan Gereja HKBP. Adapun rapat tersebut membahas mengenai percepatan program penghijauan yang ada di daerah tangkapan air Danau Toba.

Kepala Departemen Administrasi PLTA PT Inalum (Persero) Ari Bowo Soekotjo menyebutkan bahwa Inalum senantiasa berkomitmen untuk menyelamatkan dan menjaga kestabilan air Danau Toba dalam bentuk program kerja sama berbagai pihak.

“Inalum sebagai salah satu yang mendapatkan manfaat dari Danau Toba selalu berusaha untuk berkomitmen dalam menyelamatkan dan menjaga kestabilan air Danau Toba dan juga telah mendapatkan amanah dari KLHK dan PJPSDA dalam rangka penghijauan di sekitar Kawasan Danau Toba yang ditunjukkan melalui program kerja sama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan penanaman pohon yang dapat menunjang perekonomian masyarakat dan juga menjaga kelestarian lingkungan”, ungkap Ari Bowo .

Selanjutnya, Doni Monardo melakukan kunjungan lanjutan dengan melakukan pertemuan bersama Forkompimda di Medan bersama dewan direksi dan direktur eksekutif Inalum antara lain Direktur Operasi & Portofolio Danny Praditya, Direktur Eksekutif Benny Wiwoho, dan Direktur Eksekutif Keuangan Operasional Kuspriyono. Dalam pertemuan tersebut hadir Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. R.Z. Panca Putra Simanjuntak; dan Kodam I Bukit Barisan yang dihadiri oleh Kepala Staf Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono. Pertemuan tersebut merupakan langkah Inalum dalam melakukan kolaborasi antara perusahaan dan seluruh pihak pemangku kepentingan di Sumatera Utara dalam rangka menjaga kelestarian Kawasan Danau Toba.(LY)

Pos terkait