Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), PT Inalum Melakukan Penanaman Pohon DI Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba

Humbang Hasundutan, LintasTotabuan.com – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) turut mendukung gerakan kolaborasi “BUMN Hijaukan Indonesia” dengan melakukan penanaman 500 bibit macadamia nuts di Desa Marbun Tongga Marbun Dolok, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara, Senin (29/11/2021).

Kegiatan ini merupakan gerakan kolaborasi PT Inalum (Persero) dengan BUMN lainnya dalam menyemarakkan Hari Menanam Pohon Indonesia setiap tanggal 28 November.

Bacaan Lainnya

BUMN yang terlibat dalam memperingati HMPI diantaranya PT Inalum (Persero)/MIND ID, PT Pelindo (Persero), PTPN V, PTPN VIII, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), Perum Perhutani, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Asuransi Kredit Indonesia, PT Taspen (Persero) dan LPPNPI (Airnav).

Menteri BUMN Erick Thohir memimpin langsung penanaman pohon yang dilakukan secara serentak di tujuh titik, dan berpusat di Gedung Kementerian BUMN Jakarta pada hari Minggu 28 November 2021. Adapun tujuh titik tersebut antara lain adalah Danau Toba – Sumatera Utara, Wai Sekampung – Lampung, Pekanbaru – Riau, Rangkasbitung – Banten, Pasuruan – Jawa Timur, dan Makassar – Sulawesi Selatan. Dalam acara ini turut hadir Eselon I Kementerian BUMN dan Direksi BUMN.

Dalam sambutannya, Erick Thohir menyebutkan bahwa gerakan ini merupakan bentuk kecintaan terhadap bumi yang diwujudkan oleh BUMN, pemerintah daerah dan seluruh individu yang terlibat. Seterusnya Presiden Joko Widodo juga turut mendukung dan turun langsung ke bawah untuk melakukan gerakan menanam pohon tersebut. “Oleh karena itu, BUMN sebagai pembantu presiden ini mendorong percepatannya melalui 111 ribu pohon yang akan di taman kedepannya,” ujar Erick Thohir.

Sementara Itu, PT Inalum (Persero) melalui mitra-mitranya yang ada di sekitar pinggiran Danau Toba juga akan melanjutkan penanaman pohon sebanyak 33.196 ribu. Sampai tanggal 26 November 2021 PT Inalum (Persero) telah melakukan penanaman pohon di Daerah Tangkapan Air (DTA) sebanyak 114.900 bibit di lahan seluas 229,8 Ha. Dan ditargetkan sampai akhir tahun 2021 menanam sebanyak 148 ribu di lahan seluas 297 Ha melalui program Konservasi DTA Danau Toba – PT Inalum (Persero).

Dalam sambutan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor pada acara ceremonial Hari Menanam Pohon Indonesia yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan menyatakan bahwa “Penanam pohon ini bertujuan supaya nantinya bisa dirasakan oleh masyarakat dan kelompok tani, dan perlu perjuangan yang lebih ekstra agar hasilnya terlihat. Tidak lupa pula berterima kasih kepada Inalum dan kalau boleh lebih masif lagi menanam pohon di sekitar Danau Toba ini biar lebih asri, karena disini sering kebakaran hutan”, ujar Bupati Humbang Hasundutan.

Turut hadir dalam acara penanaman pohon di wilayah Danau Toba Alexander Benny Wiwoho (Direktur Eksekutif SDM – PT Inalum), Sri Widodo (Direktur Inhutani IV), Rugun br Hutapea (Perwakilan Kementerian BUMN), Ari Bowo Soekotjo (SVP Administrasi PLTA – PT Inalum), Binahidra Logiardi (Plh. Kadiv Sustainability – MIND ID), Eduard K. Siahaan (General Manager – Inhutani IV), Mei br Pane (Staf Pemberdayaan KPH Dolok Sanggul), Teguh Bayu Aji (Kasubdiv Jasa ASA V, PJT1), Ir. Minrod Sigalingging (Kadis LH Humbahas), Camat Bakti Raja, Danramil 05, Kapolsek Bakti Raja, Kepala Desa setempat dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala, Univ Simalungun). (LY)

Pos terkait